Perbedaan Junun, Ighma, Sakrun dan Tidur


Pertanyaan :
Termasuk salah satu perkara yang dapat membatalkan wudhu adalah hilangnya akal yang disebabkan gila, ayan (epilepsy), mabuk dan tidur. Bagaimanakah perbedaan diantara hal-hal diatas?

Jawab:
1.    Junun (gila) adalah sakit yang bisa menghilangkan perasaan dari dalam hati dan tetapnya kekuatan serta gerakan pada anggota.
2.    Ighma (epilepsy) adalah sakit yang dapat menghilangkan perasaan dari dalam hati yang disertai dengan kelemahan badan.
3.    Sakrun (mabuk) adalah rusaknya akal yang disertai kebingungan dan perkataan yang tidak jelas.
4.    Naum (tidur) adalah hembusan angin dari otak menuju kehati kemudian angin tersebut menutupi pada mata. Dan apabila angin tersebut tidak sampai kehati, maka disebut kantuk (permulaan tidur) dan tidak bisa membatalkan wudhu.


حاشية الجمل - (ج 1 / ص 224)
 ( قَوْلُهُ : بِجُنُونٍ ، أَوْ إغْمَاءٍ ) ، وَالْجُنُونُ مَرَضٌ يُزِيلُ الشُّعُورَ مِنْ الْقَلْبِ مَعَ بَقَاءِ الْحَرَكَةِ وَالْقُوَّةِ فِي االْأَعْضَاءِ ، وَالْإِغْمَاءُ هُوَ زَوَالُ الشُّعُورِ مَعَ فُتُورِ الْأَعْضَاءِ ، وَأَمَّا السُّكْرُ فَهُوَ خَبَلٌ فِي الْعَقْلِ مَعَ طَرَبٍ وَاخْتِلَاطِ نُطْقٍ ا هـ دَمِيرِيٌّ وَأَمَّا النَّوْمُ فَهُوَ رِيحٌ لَطِيفَةٌ تَأْتِي مِنْ الدِّمَاغِ إلَى الْقَلْبِ فَتُغَطِّي الْعَيْنَ فَإِنْ لَمْ تَصِلْ إلَى الْقَلْبِ فَهُوَ النُّعَاسُ وَلَا نَقْضَ بِهِ ا هـ ق ل عَلَى الْمَحَلِّيِّ .

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ma'haduna - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger