Pertanyaan:
Bagaimana
hukumnya sholat berjamaah dengan orang yang beda madzhab dengan kita ?
Jawaban:
Ketika
terjadi perbedaan madzhab antara Imam dan makmum, sedangkan imam melakukan
hal-hal yang menurut keyakinan makmum bisa membatalkan shalat, maka hukum
berjamaah dengan imam tersebut diperinci sebagai berikut :
1. Jika perbedaannya pada furu’
ijtihadiyyah yaitu hasil istimbath para imam. Misal, imam bermadzhab Maliki
dimana tidak membaca Basmalah dalam Fatihahnya sedangkan makmumnya bermadzhab
Syafi’i yang menyatakan basmalah wajib dalam Fatihah, atau tidak meyakini
kewajiban tertib dalam wudhu’nya sedangkan makmumnya bermadzhab Syafi’i yang
mewajibkan untuk tertib, dan misal-misal lain sekiranya sah menurut pandangan
Imam namun batal menurut pandangan makmum atau sebaliknya, maka terdapat
perbedaan pendapat di kalangan ulama’ sebagai berikut :
a. Menurut pendapat Imam Qoffal memandang
pada keyakinan Imam, sehingga apabila menurut keyakinannya (dalam madzhab imam)
sah maka sah juga bagi makmum untuk bermakmum dengannya secara mutlak.
b.
Menurut pendapat Abu Ishaq
al-Isfiroyini tidak sah secara mutlak.
c.
Jika Imam melakukan persyaratan
kesahannya shalat menurut keyakinan makmum, maka sah, tapi jika
meninggalkannya, maka tidak sah.
d. Menurut pendapat Imam Abu Ishaq
al-Mirwazi, Abu Hamid, Al-Bandaniji, Qadhi Abu Thayyib dan dan mayoritas ulama’
sekaligus sebagai pendapat yang paling kuat dari pendapat-pendapat sebelumnya
mendasarkan pada keyakinan makmum. Apabila makmum mengetahui secara pasti bahwa
imamnya melakukan sesuatu yang berakibat tidak sahnya shalat imam, maka tidak
sah. Namun jika mengetahui bahwa imam telah sesuai dengan persyaratan sahnya
shalat dalam keyakinan makmum atau meragukannya, maka tetap sah.
2. Jika perbedaannya bukan furu’
ijtihadiyyah melainkan pada perkara lainnya seperti perbedaan antara imam dan
makmum dalam penentuan arah kiblat¸maka tidak diperbolehkan satu sama lain
untuk shalat berjamaah.
Ketika
dinyatakan berjamaahnya tidak sah, maka konsekuensinya adalah tidak
diperbolehkan bagi makmum bahkan membatalkan shalatnya jika mengikuti imam
disertai menunggu yang lama tanpa melakukan apapun. Namun jika tidak
mengikutinya atau mengikuti tanpa menunggu yang lama, maka shalatnya tetap sah
dan terhitung sebagai shalat munfarid (sendirian).
المجموع – (ج 4 / ص 288)
(فرع) في مسائل
تتعلق بالباب (احداها) الاقتداء باصحاب المذاهب المخالفين بان يقتدى شافعي بحنفى
أو مالكى لا يرى قراءة البسملة في الفاتحة ولا ايجاب التشهد الاخير والصلاة علي
النبي صلى الله عليه وسلم ولا ترتيب الوضوء وشبه ذلك وضابطه أن تكون صلاة الامام
صحيحة في اعتقاده دون اعتقاد المأموم أو عكسه لاختلافهما في الفروع فيه أربعة أوجه
(احدها) الصحة مطلقا قاله القفال اعتبارا باعتقاد الامام (والثاني) لا يصح اقتداؤه
مطلقا قاله أبو اسحق الاسفرايني لانه وان اتى بما نشترطه ونوجبه فلا يعتقد وجوبه فكأنه
لم يأت به (والثالث) ان اتي بما نعتبره نحن لصحة الصلاة صح الاقتداء وان ترك شيئا
منه أو شككنا في تركه لم يصح (والرابع) وهو الاصح وبه قال أبو اسحق المروزى والشيخ
أبو حامد الاسفراينى والبندنيجى والقاضي أبى الطيب والاكثرون ان تحققنا تركه لشئ
نعتبره لم يصح الاقتداء وان تحققنا الاتيان بجميعه أو شككنا صح وهذا يغلب اعتقاد
المأموم هذا حاصل الخلاف فيتفرع عليه لو مس حنفى امرأة أو ترك طمأنينة أو غيرها صح
اقتداء الشافعي به عند القفال وخالفه الجمهور وهو الصحيح ولو صلى الحنفي علي وجه
لا يعتقده والشافعي يعتقده بان احتجم أو افتصد وصلي صح الاقتداء عند الجمهور
وخالفهم القفال وقال الاودنى والحليمي الامامان الجليلان من أصحابنا لوام ولى
الامر أو نائبه وترك البسملة والمأموم يرى وجوبها صحت صلاته خلفه عالما كان أو
ناسيا وليس له المفارقة لما فيه من الفتنة وقال الرافعي وهذا حسن ولو صلي حنفى خلف
شافعي علي وجه لا يعتقده الحنفي بان افتصد ففيه الخلاف ان اعتبرنا اعتقاد الامام
صح الاقتداء وإلا فلا وإذا صححنا اقتداء احدهما بالآخر وصلي شافعي الصبح خلف حنفى
ومكث الامام بعد الركوع قليلا وامكن المأموم القنوت قنت والا تابعه وترك القنوت
ويسجد للسهو علي الاصح وهو اعتبار اعتقاد المأموم وان اعتبرنا اعتقاد الامام لم
يسجد ولو صلي الحنفي خلف الشافعي الصبح فترك الامام القنوت وسجد للسهو تابعه المأموم
فان ترك الامام السجود سجد المأموم ان اعتبرنا اعتقاد الامام والا فلا