Meneladani Rasulullah SAW


الخطبة الاولى
اَلْحَمْدُ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَشْكُرُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ اَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ اَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ الله فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُرْشِدًا. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ الله ُوَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَاِخْوَانِهِ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْنَ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ.
فَيَااَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ الْكِرَامُ رَحِمَكُمُ الله:ُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ, وَاحْذَرْكُمْ عَنْ مَعْصِيَّتِهِ وَارْتِكاَبِ نَوَاهِيْهِ. إِتّقُوْا اللهَ فَإِنَّهُ وَصِيَّةُ اللهِ لِلْأَوَّلِيْنَ وَالْأَخِرِيْنَ حَيْثُ قَالَ تَعَالَى: "وَلَقَدْ وَصَّيْنَا الَّذِيْنَ اُوْتُوْا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَاِيَّاكُمْ أَنِ اتَّقُوْا اللهَ فَاتَّقُوْا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ"

Hadirin, kaum muslimin jama’ah Jum’at yang berbahagia
Pada kesempatan yang mulia ini, kita ingat kembali seberapa tinggi kualitas iman kita sembari senantiasa bertaqwa kepada Alloh SWT. dan terus meningkatkan kualitas ketaqwaan kita dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya, menjauhi larangan-larangan-Nya serta mensyukuri semua kenikmatan dan kerunia yang diberikan kepada kita dengan menggunakan dan menyalurkannya pada jalan yang diridlai oleh-Nya.

Hadirin, jamaah jumah yang dimuliakan Allah
Saat ini kita telah memasuki bulan ketiga tahun qamariah, bulan yang mulia, bulan yang banyak terjadi peristiwa bersejarah bagi umat Islam, yaitu bulan Rabiul Awal. Peristiwa yang terjadi pada bulan Rabiul Awal ini antara lain; adalah kelahiran beliau Nabi Muhammad SAW, peristiwa hijrah dan juga peristiwa wafat beliau. Dengan demikian, sebaiknya peringatan pada bulan ini tidak dititikberatkan pada satu peristiwa saja. Akan tetapi, bersifat menyeluruh, untuk memetik pesan dan teladan dari peri kehidupan beliau serta jihad perjuangannya dalam menegakkan agama Allah di muka bumi ini. Memang kehadiran beliau dan terutusnya kepada alam ini merupakan kenikmatan yang amat besar dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Dunia yang dulunya gelap, kini terang dengan cahaya Islam yang dibawanya. Kekufuran dan kemusyrikan berubah dengan ketauhidan ilahiyah. Kejahiliahan berganti dengan tatanan syariat samawi yang diridlai oleh Allah. Perpecahan dan permusuhan beralih dengan persatuan yang kuat dan ukhuwah islamiah. Keputus-asaan dan kenistaan beralih menjadi kesemangatan dan kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.

Hadirin, jamaah jumah yang dimuliakan Allah
Peristiwa bersejarah seperti inilah yang perlu kita petik suri tauladannya, guna menggali kembali dan mempelajari nilai-nilai luhur yang terdapat dalam peri kehidupan beliau juga jihad perjuangannya dalam menegakkan agama Allah. Peringatan semacam ini merupakan kesempatan yang baik dan besar manfaatnya. Allah SWT berfirman dalam surat al Ahzab ayat 21.

لَقَدْ كانَ لَكُمْ في‏ رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كانَ يَرْجُوا اللهَ وَ الْيَوْمَ الْآخِرَ وَ ذَكَرَ اللهَ كَثيراً
Artinya : “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan bagimu yang baik (yaitu) orang yang mengharap (rahmat) Allah dan kedatangan hari akhir dan banyak mengingat Allah”.
Ayat di atas menjelaskan bahwa suri tauladan yang baik bagi umat Islam adalah yang terdapat dalam diri Rasulullah SAW. Keteladanan beliau mencakup segala aspek kehidupan. Mulai dari dalam diri sendiri, dalam keluarga, dalam bertetangga, bahkan sampai berpolitik dan bernegara. Lebih-lebih dalam hubungan hamba kepada Tuhannya.

Hadirin, jamaah Jum’at yang berbahagia
Bagaimana agar kita dapat meneladani peri kehidupan Rasulullah SAW? Tentu pertama kita harus tahu siirah beliau. Yaitu perjalanan hidup beliau sehari-hari dan perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam. Hal ini dapat kita ketahui melalui baca kitab-kitab, buku-buku atau karya tulis lainnya, atau melalui pengajian-pengajian, ceramah-ceramah agama dan bangku pendidikan. Pengetahuan tentang tarikh Islam sangat penting bagi umat Islam, karena dari situlah nantinya keteladanan dapat kita ambil.
Sehubungan dengan keteladanan yang baik ini, kita masih perlu prihatin dengan kondisi kita, umat Islam. Lantaran masih banyak dari umat Islam, baik kaum tua maupun generasi mudanya yang miskin pengetahuan tentang siirah Rasulullah atau para ulama dan tokoh-tokoh Islam, sehingga keteladanan yang baik pun jauh kita dapati. Dan yang lebih memprihatinkan, karena kurang adanya keteladanan yang baik, sehingga dari kita sendiri ada yang meniru dan mengambil teladan dari sikap hidup yang semestinya tidak pantas atau bahkan bertentangan dengan Islam. Terlebih dalam era globalisasi seperti ini, apa yang terjadi saat ini di belahan bumi Barat dapat kita lihat saat ini pula di belahan bumi Timur.
Untuk mengimbangi perubahan dunia yang melaju dengan cepatnya, kita umat Islam perlu mengadakan pembenahan ke dalam. Pembenahan tersebut dilakukan dengan menggali dan merumuskan nilai-nilai agama Islam serta mentransformasikannya ke tengah-tengah masyarakat. Rasulullah SAW dan para sahabatnya telah membuktikan dengan berbekal pada dinamika dan khazanah ajaran Islam mampu menyulap kawasan Makkah dan sekitarnya dari era kegelapan dan kebodohan menjadi keterang-benderangan, penuh ketenangan dan kedamaian, baik lahir maupun batin. Jadi, jelaslah keteladanan pada peri kehidupan Nabi atau para ulama pewaris Nabi sangat perlu kita lakukan, kapan maupun dimana saja.

Hadirin, jamaah Jum’at yang berbahagia
Demikianlah khutbah yang dapat saya sampaikan. Akhirnya, semoga kita tergolong umat Nabi Muhammad SAW yang mau meneladani beliau. Amin….

بَارَكَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي اْلقُرْأَنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلَايَاتِ وَالذِّكْرِ اْلحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ .اَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاَسْتَغْفِرُاللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَهُوَ اْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

الخطبة الثانية
اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ اَنْزَلَ الْقُرْآنَ, خَلَقَ الْاِنْسَانَ عَلَّمَهُ الْبَيَانَ. اَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الدَّيَّانُ. وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُؤَيَّدُ بِالْمُعْجِزَاتِ وَالْبُرْهَانِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَاَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ, وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمٍ يَتَرَقَّى فِيْهِ الْمُؤْمِنُوْنَ الْمُتَّقُوْنَ اَعْلَى الْجِنَانِ. اَمَّا بَعْدُ.
فَيَا اَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ الْكِرَامُ رَحِمَكُمُ اللهُ اِتَّقُوْا اللهَ وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا وَاَنْفِقُوْا خَيْرًا لِاَنْفُسِكُمْ وَمَنْ يُوْقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَاُؤلَئِكَ هُمُ اْلمُفْلِحُوْنَ.
وَاعْلَمُوْا اَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ الْكِرَامُ رَحِمَكُمُ اللهُ, إِنَّ اللهَ صَلَّى عَلَى نَبِيِّهِ قَدِيْمًا تَعْظِيْمًا لِقَدْرِ نَبِيِّهِ وَتَعْلِيْمًا لَنَا وَتَكْرِيْمًا, وقَالَ عَزَّ مِنْ قَائِل: إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا, اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الِّدِيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ. اَللَّهُمَّ وَفِّقْنَا وَوَفِّقْ وُلاَةَ اُمُوْرِناَ اِلَى مَا فِيْهِ خَيْرُ الأُمَّةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ يَارَبَّ الْعَالِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اَيِّدْهُمْ بِالْحَقِّ وَاَيِّدِ الْحَقَّ بِهِمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْناَ باِلْاِيْمَانِ وَلاَتَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ اَمَنَوْا رَبَّنَا اِنَّكّ الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمِ.
عِبَادَ الله، اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِي اْلقُرْبَي وَيَنْهَي عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ma'haduna - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger