Al Wafi Syarah Arbain Nawawi


Siapa yang tidak kenal Arba’in An Nawawiyah, kumpulan 42 hadits pokok-pokok ajaran Islam dan kaidah-kaidah hukum yang disusun oleh Imam An Nawawi. Sejak pertama kali disusun, sekitar delapan abad yang lalu, kitab ini telah disyarah (diberi penjelasan rinci) lebih dari 122 syarah oleh para ulama. Sambutan yang luar biasa akan pentingnya kumpulan hadits tersebut. 

Para ulama termotivasi untuk menghimpun hadits-hadits yang merupakan siklus ajaran Islam. Rasulullah menegaskan bahwa barangsiapa yang hafal 40 hadits, pada hari Kiamat kelak, ia dibangkitkan bersama ulama. Atau, dikatakan kepadanya, Masuklah dari pintu surga yang kamu sukai.” Dan yang terjadi, karya ulama yang menghimpun 40 hadits bermunculan. Arbain An-Nawawiyah adalah salah satunya dan termasuk karya yang paling populer, karena hadits-hadits yang termuat di dalamnya adalah inti ajaran Islam. Kepopuleran Arbain An-Nawawiyah menyebabkan banyak ulama tertarik untuk memberikan syarah (penjelasan), termasuk Dr. Musthafa Dieb Al-Bugha & Muhyiddin Mistu. Pengalaman mereka di bidang Penulisan menjadikan syarah ini memiliki nilai tambah. Pantas kiranya mereka memberi judul buku ini Al-Wafi karena setiap pembaca akan merasa puas dengan gaya Penulisan dan pemaparannya

Salah satu keunggulan hadits-hadits pilihan ini adalah redaksi haditsnya yang singkat namun mengandung makna yang luas. Memang, secara umum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memiliki kelebihan dalam menyampaikan pesan dengan ungkapan jawami' al-kalim (kalimat singkat tetapi padat). Atas dasar itu, banyak ulama yang berusaha menyelami kedalaman maknanya, lalu mengeluarkan mutiaranya untuk dipersembahkan kepada umat Islam. Buku Al-Wafi yang ada di tangan Anda ini merupakan salah satu mutiara itu. Pembahasannya yang sistematis dan komprehensif membuat buku ini menjadi lebih istimewa. Tidak hanya itu, hikmah dan pelajaran penting dari setiap hadits pun menambah perbendaharaan ilmu keislaman yang selama ini belum kita raih. Keistimewaan itu menjadi lebih lengkap saat kita dapati biografi perawi hadits dalam buku ini. 

Silahkan Download ebook Al-Wafi: Syarah Arbain An-Nawawiyah. Di Sini

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ma'haduna - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger